Sejarah Tarot : Dari zaman ke zaman

Waktu Baca: 2 menit

Sejarah tarot dalam masih menjadi misteri, tidak tahu kapan pastinya kemunculan awal dari Tarot. Hal ini diperkuat dalam buku “The New Golden Dawn Tarot”. Ada yang berkata bahwasanya Tarot sudah ada saat jaman Mesir (Egyptians) dan ada yang berkata Tarot muncul sebelum dari zaman itu. Ada beberapa teori yang mengatakan sejarah akan Tarot hilang pada saat kehancuran perpustakaan di Alexandria, dan ilmu-ilmu lain akan magick, meditasi, dan text-text lainnya. Dan ada juga yang berkata Tarot berasal dari para Gypsy.


Dalam catatan sejarah Tarot mulai ditemukan pada abad ke 14 dan banyak digunakan sebagai alat pembelajaran bagi orang yang belum bisa membacanya. Dan di beberapa tempat juga digunakan sebagai alat perjudian. Akan tetapi, pada Tahun 1800, Tarot mulai digunakan untuk kegiatan peramalan (Fortunetelling). Deck yang digunakan bernama Grigonneur Deck, dimana deck ini dimiliki dan digunakan oleh Charles VI of France. Banyak yang berkata, pada abad pertengahan Grigonneur Deck mempengaruhi sebagai besar deck lainnya.

Dalam pertengahan tahun 1850 bangkitnya pergerakan okultis di Eropa yang terinspiransi dari salah satu esoteris ternama salah satunya Eliphas Levi. Dalam era ini, mulai mempelajari Tarot secara serius, mendalam, dan komprehensif yang menggunakan akar dari ajaran Qabala (Kaballah) yang saling berasosiasi. Dan tetap menjadi pertanyaan yang besar mengenai sejarah Tarot sendiri, kapan dan siapa yang menemukannya. Dan tetap menjadi pertanyaan mengapa simbol-simbol Qabala (Kaballah) ada dalam setiap kartunya. Yang tetap menjadi faktanya adalah keduanya baik ajaran Qabalah (Kaballah) dan tarot memiliki kesamaan pada teori maupun secara filosofis bagaimana satu dengan lainnya saling mendeskripsikannya satu sama lainnya.

Eliphas Levi Tarot

Pada awal abad ke-19 merupakan era yang paling maju dalam sejarah tarot. Pada abad ini diketahui sebagai modern Hermetic Tarot yang berdasarkan atas prinsp-prinsip Qabalah (Kaballah), merupakan pengetahuan kuno Ibrani. Hermetic Qabalah memiliki focus dalam mempelajari dan membentuk Hermetic Order of the Golden Dawn. Dibentuk pada tahun 1888 oleh kelompok Qabalis, Freemason, Teosofis dan Rosicrucian, The Golden Dawn dibentuk sebagai persaudaraan antara para praktisi-praktisi pada zaman itu. Yang mempelajari, mengajari, organisasi dan mempertahankan tradisi-tradisi yang mulai ditinggalkan. Kelompok ini memanage untuk mengembangkan kurikulum utuk setiap ajaran-ajaran Magick, dan mempersatukan antara Qabala (Kaballah), astrologi, Tarot, Hermetisisme, geomancy dan Enochian Magick. Kebanyakan buku-buku ternama yang berbau hal-hal magick ditulis oleh anggota dari Ordo ini seperti S.L.McGregor Mathers, W. Wynn Westcott, Dion Fortume, A.E. Waite, Aleister Crowley, Paul Foster Case dan Israel Regardie yang merupakan anggota dari ordo ini dan juga menjadi rujukan praktisi-praktisi hingga hari ini. Kebanyakan ajaran ordo banyak di tiru oleh kelompok maupun orang lain tanpa sepengetahuan dari akar Golden Dawn

Intuition Tarot : Cara Membaca Tarot

Waktu Baca: 2 menit

Apa itu Intuition Tarot?

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang Intuition Tarot, karena banyaknya request dari teman-teman grup Astadewa Coven beserta Instagram yang meminta membabarkan metode ini.

Mungkin sebagian besar dari pembaca atau kawan-kawan yang membaca artikel ini menganggap Tarot Reading atau membaca Tarot hanya dibaca dan dihafalkan saja. Tarot bagi kami dibagi dua aliran kalau dalam urusan metode membaca. Yang pertama adalah dihafalkan dan dibacakan, metode yang pertama ini sangat banyak digunakan para praktisi Tarot. dan yang kedua adalah menggunakan intuisi, bisa dikatakan sebagai Tarot Magick. Metode yang terakhir ini membaca tarot dengan cara menggunakan feel dan juga perlu untuk mengembangkan wadah spiritual dari pembacanya.

Di artikel ini kami hanya menjelaskan bagaimana cara membaca tarot dengan metode Intuition Tarot, untuk penjelasan secara historis maupun filosofis kami tidak membahas di dalam artikel ini, mungkin di lain waktu kami akan menuliskannya.

Hal Yang Dipersiapkan

Sebelum beranjak untuk cara membaca tarot kami sarankan untuk membaca terlebih dahulu tentang artikel kami yang sebelumnya Pentingnya Membuat Ritual Diary (Book of Shadows), sangat penting untuk dibaca terlebih dahulu sebelum memulai mempraktekkan metode yang ada dalam artikel ini.

Yang perlu dipersiapkan dalam metode ini :

Pertama adalah Kartu Tarot, kartu tarot yang kami sarankan yang terbaik untuk metode ini adalah Deck Tarot yang diproduksi oleh US Game karena sebelum beredar ke pasaran Deck dari produsen tersebut meritualkannya, Golden Dawn Tarot, The B.O.T.A Tarot, Hermetic Tarot. Opsi lain jika susah untuk mendapatkan deck diatas anda dapat menggunakan : The Raider-Waite (Albano Waite), Aquarian Tarot, Morgan-Greer Tarot, Royal Fez Moroccan Tarot. Sangat tidak disarankan menggunakan kartu Oracle (bukan berarti kartu Oracle jelek, tetapi pada artikel ini kami hanya menyarankan  deck yang kami ditulis diatas.

Kedua, buat Ritual Diary yang sangat penting untuk metode ini bisa dibaca melalui link di sebelah ini Pentingnya Membuat Ritual Diary (Book of Shadows).

Cara Membaca Tarot

Dari metode yang akan kami babarkan disini bukan bersifat instan tetapi membutuhkan proses dan ketekunan, metode yang kami berikan bukan menghafal dari buku tarot, tetapi menggunakan feel (intuisi) untuk membaca dan merasakan tarot. Karena tiap kartu Tarot memiliki spiritnya tersendiri.

  1. Langkah Pertama Sisihkan 22 kartu mayor arkana dari deck, dari kartu yang diambil tadi disejajarkan. Hitung dari kiri mulai dari 0 hingga 21. Sisihkan kartu yang berada pada hitungan 6,7,10,13,15, dan 18. Semua kartu ini sementara tidak digunakan terlebih dahulu. Bawa sisa kartu yang tidak disisihkan untuk melakukan meditasi seperti biasa (letakkan kartu yang tidak tersisihkan itu di sebelah anda saat melakukan meditasi).
  2. Langkah Kedua Setelah meditasi seperti biasanya (dengan 16 kartu tarot yang tidak disisihkan tadi), campur kartu yang tidak disisihkan ke dalam deck. Kemudian kocok lagi kartunya, gunakan feel anda untuk mengetahui kapan waktu yang tepat  untuk berhenti mengocok kartu.
  3. Langkah Ketiga Pilihlah salah satu kartu yang sudah di kocok tadi (dengan kondisi tertutup). Ambil kartu yang anda pilih kemudian lihatlah gambar kartu tarot selama kurang lebih 3 menit. Ambil nafas yang dalam saat merasakan kartu yang anda genggam tersebut.
  4. Langkah Keempat Catat nama kartu yang dirasakan tadi ke dalam ritual diary. Langkah terakhir ini sangatlah penting dilakukan. Dan jangan lupa catat apa yang anda rasakan selama merasakan kartu tersebut, termasuk catat feel dan sensasi ketika merasakan kartu tersebut.

Lakukan metode ini secara rutin untuk mengasah feel dalam membaca Tarot dengan metode Intuition Tarot, lama-kelamaan anda pasti dapat merasakan apa yang dimaksud dengan metode ini. Kunci utama dalam metode ini adalah konsisten, fokus, dan telaten. Dan jangan sampai meditasi rutin itu putus.