aphrodite
Waktu Baca: 3 menit

Kisah Aphrodite

Aphrodite merupakan Dewi Yunani Kuno atau biasa dikenal dewi cinta, dewi kecantikan, dewi kesuburan dan dewi sexual pleasure.

Dia mampu membangkitkan gairah baik manusia dan para dewa sesuai dengan kehendaknya. Ia digambarkan sebagai dewi yang tidak pernah puas dan tidak pernah dijangkau oleh Para dewa sekalipun.

terlahir di dekat pantai Cythera dari buih (aphrós) . Ia dikenal sebagai Cytherea (Lady of Cythera atau Perempuan dari Cythera) dan Cypris (Lady of Cyprus), karena kedua lokasi tersebut diklaim sebagai tempat kelahirannya.

Meskipun ia menikah dengan Hephaestus ia berselingkuh dengan seluruh Dewa kecuali Zeus dan Hades. Yang paling dikenal adalah ia berselingkuh dengan Dewa Perang 'God of War' yaitu Ares. Dan ia juga memiliki hubungan dengan manusia yaitu Anchises dan Adonis.

Penggambaran dan Simbolisme Aphrodite

aphrodite
Aphrodite, yang digambarkan Botticelli dalam lukisannya, Lahirnya Venus, mungkin merupakan kombinasi berbagai dewi kesuburan dari seluruh Laut Tengah.
- Wikipedia

Jika Apollo digambarkan sebagai bentuk pria yang paling sempurna bagi orang-orang Yunani. Maka Aphrodite merupakan bentuk yang paling sempurna yang mewakili ke-idealan bentuk perempuan. Cantik nan mempesona, ia digambarkan secara simetris, telanjang, dan rupawan. Ia digambarkan pula, bersamaan dengan Eros dan beberapa atribut sebagai simbol utamanya; merpati, burung pipit, murad, ikat pinggang, cangkang dan binatang lainnya.

Kelahiran Aphrodite

Kisahnya termuat dalam dua karya Homer. Ada dua kisah yang menceritakan tentang Dewi ini oleh dua penulis yang berbeda yaitu : Homer dan Hesiod.

Menurut yang pertama, Aphrodite adalah putri Zeus dan Titaness Diona, sehingga membuatnya menjadi dewi generasi kedua, seperti kebanyakan Olympians.

Namun, Hesiod menceritakan kembali mitos yang jauh lebih terkenal. Menurutnya, Aphrodite lahir ketika alat kelamin Uranus jatuh ke laut setelah dia dikebiri oleh putranya Cronus. Dewi cinta muncul dari perairan dengan cangkang kerang, dewasa, telanjang, dan lebih indah dari apa pun yang pernah dilihat siapa pun sebelum atau sesudahnya.

Aphrodite : Mahadewi yang ditakuti Para Dewa

Aphrodite sangat mempesona dan juga sangat mahir dalam kekuatan magisnya hanya 3 Dewi saja yang tidak dapat dipengaruhi oleh kekuatannya. Yaitu : Artemis, Athena dan Hestia.

Saat tiba di Olympus, Aphrodite langsung membuat kekacauan di antara dewa lainnya. Yang masing-masing ingin memperebutkannya. Zeus terburu-buru dan sangat khawatir pada saat itu, ia segera menikahkan Aphrodite dengan Hephaestus, yang memiliki wajah paling buruk dibandingkan para Olympians lainnya. Tentu saja, ini hanya meringankan masalah sesaat. Aphrodite justru tidak ingin setia kepada Hepastheus.

Aphrodite dan Ares

Jadi, ia memulai awal perselingkuhannya dengan dewa yang paling destruktif dan sekeras dirinya: Ares. Namun, Helios memberitahukan berita tentang perselingkuhan atas Aphrodite kepada Hepastheus. Hepastheus geram terhadap tingkah laku yang dilakukan oleh mereka. Akhirnya ia dihukum, dengan berbagai cara untuk melemahkan dewi ini. para Dewa-dewi Olympians kesusahan untuk melemahkannya. Akhirnya mereka menemukan cara untuk menghentikannya menggunakan jaring perunggu.

Aphrodite tidaklah bodoh, ia sangat cerdik. Ia melihat Poseidon dan menguasai alam bawah sadar dewa lautan ini untuk membebaskannya.

Aphrodite dan Poseidon

Setelah menjalin hubungan dengan Ares, ia berselingkuh dengan dewa lautan. Poseidon terpikat oleh rupa dan kekuatan magis yang mempengaruhi dewa lautan ini. Yang akhirnya memiliki banyak anak dan hanya diberkati satu anak perempuan saja.

Aphrodite dan Hermes

Hermes merupakan salah satu dewa dengan kesetiaan yang tinggi. Akan tetapi Hermes sangat terpesona oleh Aphrodite. Hanya dua dewa saja yang tidak terpengaruh yaitu Zeus dan Hades. Tetapi Zeus sangat kerepotan dengan adanya dewi ini. Yang membuat dia kewalahan dan juga terperdaya oleh kemampuan anaknya untuk berselingkuh kepada para dewi dan manusia. Sedangkan Hades adalah Dewa yang berada diluar Olympian.

Referensi

Karya Homer (Illiad dan Virgils), Karya Hesiod, dan juga beberapa puisi yang membantu dalam pembuatan artikel ini

Kami juga menyediakan portal, sebagai akses langsung kepada Dewi Aphrodite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi Pemesanan
Mahar dan Pemesanan
astadewa spirit conjurer

Astadewa

Protected by Copyscape
Follow Kami 
Dilarang copy konten website. Seluruh konten dilindungi oleh Copyscape dari Plagiarisme
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram